Sabtu, 12 April 2014

Jigging Di Selat Badung

"Mancing adalah pekerjaan para pemalas" ungkapan ini sering saya dengar dari orang2 yang awam tentang mancing, saya rasa meraka tidak terlalu mengerti tentang mancing dan kita tidak bisa menyalahkan ketidak tahuan itu, ini sebuah pembelaan hehe..
dalam seni memancing (cieh bahasanya.. hehe) ada 2 jenis: refresing fishing dan sport fishing..
dan bila sudah membicarakan sport fishing kita akan tau mancing bukan kerjaan "para pemalas".
disini semua otot harus digerakan, keringat tidak habis habisnya bercucuran dibawah terik matahari, bahkan bila tidak menguasai tekniknya kita bisa cedera..
dalam kolom ini saya ingin membahas heavy sport fishing yaitu heavy jigging.
di Bali sendiri heavy jigging sudah popular dari beberapa tahun yang lalu, dikarenakan spot spot mancing di Bali sangat mendukung untuk olahraga mancing ini, sebagian besar spot di wilayah pantai timur Bali mempunyai kedalam dari 70 mater sampai 200 mater. ini membuat kami harus kuat memainkan metal jig berat..
 Laut Selat Badung adalah salah satu tempat favorit para jigger Bali, di laut ini Banyak terdapat spot jigging yang sudah populer di kalangan jigger Bali.

spot Parangan, salah satu spot terdangkal di selat Bali, kedalaman sekitar 50 samapai 70 mater, pada sport ini kita bisa melihat waterblow Nusa dua dari kejauhan, percaya ini sangat indah.. hehe
metal jig yang cocok untuk kedalaman sekian adalah berat 200 gram samapai 300 gram.
saran saya untuk warna metal jig sebaiknya dengan warna cerah seperti pink dengan gurat kuning, hijau daun, biru langit.. ikan target kita disini biasanya ikan GT dan skipjack tuna (tongkol)

Spot Niko, spot ini tepat didepan hotel Niko Nusadua, kedalama dari 60 sampai 80 mater, sama dengan sport Parang, kita bisa menggunakan unpan sama

Spot Tapak Gunung, spot ini lumayan jauh ke tengah laut selat badung, rata rata perjalanan sekitar 1 jam mencapai spot ini dari Pulau Serangan maupun dari Sanur.. spot ini mempunyai kedalam dari 90 mater sampai 130 mater.
spot ini mempunyai karakteristik dengan airnya yang sangat keras, arus bawah laut yang keras, kita membutuhkan unpan metal jig dengan berat dari 400 gram  sampai 600 gram
disinilah kita membutuhkan stamina yang prima dalam memancing, mancing bukan pekerjaan para pemalas kawan, bila tidak percaya coba saja mainkan metal 600 gram diangkat secara teratur pada kedalam 130 mater... (sebuah pembelaan lagi hehe)
target ikan disni biasanya Ikan Kuresi, Amerjack, kerapu

Spot CP, saya sampai sekarang masih bingung kepanjangan CP, bertanya kesana kemari dengan teman teman para jigger atau nelayan setempat, jawabannya selalu tidak pasti, mungkin nanti ada yang membaca blog ini tau sejarah dan kapanjangan dari CP, mohon di sharing hehe..
terakhir saya mendengar CP kepanjangan dari Crazy Point, dikarenakan disini ikannya bisa gila gilaan, bila beruntung kita Strike berkepanjangan hahaha.. mungkin ada benarnya juga, karena saya pernah mengalaminya juga. kami pernah triple strike samapai 2 kali di sport ini.
spot ini dengan kedalam kira kira 70 samapai 90 mater, dengan aurus air yang sangat kuat
unpan metal jig yang saya sarankan menggunakan berat 300 gram sampai 500 gram, bisa menggunakan bentuk cumi atau ikan.
target tanggkapan biasa Amerjack, GT, Greenjob fish, Kerapu, Tongkol






7 komentar:

Unknown mengatakan...

Bareng sik mancing bli ..... Spot yg disebut itu belum pernah mncing dsn. Whatsapp 0817260785
Klo berkenan ngajk mancing brg, contact saya ya bli ....

Rama Pramana mengatakan...

Salama Kenal Bli..
sorry lama nggak buka Blog hahah
ayuk kapan2 kita ngetrip bareng, Add Fb aja bli biar mudah contanya

Unknown mengatakan...

Ada no yg bisa dihubungi bli rama..slm kenal

Rama Pramana mengatakan...

Telpon saya 081933108461 atau add aja Facebook saya Bli Gede Surya

TANTO mengatakan...

salam bli rama...
ada rencana mancing lagi dlm waktu dekat?
boleh join? sya masih newbie klo mancing di laut
jadi mungkin bisa minta ajar sedikit"dr bli rama.
salam kenal Agie.

Unknown mengatakan...

Ayo bli Agie Subandi, biasanya kalo dapat waktu di hari sabtu atau munggu bli, ayo kapan2 kita mancing bareng

Unknown mengatakan...

bli, kalo mau mancing saya ikut....biar bisa merasakan spot yg bagus,
bisa hubungi saya (081 2291 8339 ) sapto - semarang