Selasa, 06 Mei 2014

From Angler to Anglers




Saya masih sangat ingat sekali bagaimana indahnya pantai Sanur, Pantai Serangan atau pantai Kedonganan Bali dulu, ketika kakek saya mengajak saya memancing berapa puluh tahun yang lalu. Kita tidak perlu beli umpan untuk memancing, kita hanya perlu menggali pasir di depan pantai untuk mencari Sepingan (cacing laut) sebelum mancing di tempat itu. Dan tentu ikan sangat mudah didapat juga.

Tapi sekarang kita sangat sulit menemukan sepingan di pantai Bali, saya rasa ini salah satu pencemaran lingkungan laut, dan pasti kita sangat merasakan dampaknya sekarang, ya kan???

Kita semua tau sampah adalah salah satu faktor pencemar lingkungan, apalagi sampah plastik.
Saya mengajak temen-temen sesama penghobi mancing untuk tidak membuang sampah sembarangan di laut atau dipantai, baik itu sampah perbekalan makanan atau minuman kita ketika kita memancing ketengah laut atau memancing dipinggir pantai jangan dibuang begitu saja, kita simpan dulu sebelum kita sampai daratan, dan kita buang ditempat sampah, tentu ini tidak sulit dilakukan hanya perlu kesadaran kita. Memang gerakan kita bukan sesuatu yang besar dan bisa mengubah apa yang telah terjadi, tapi setidaknya kita melakukan hal kecil untuk alam .. 

Saya tidak pintar berorasi untuk menggetarkan hati kalian, tapi dengan tulisan sederhana ini saya sangat berharap bisa mengajak teman-teman penggemar mancing untuk ikut peduli dengan Alam laut..
terimaksih ^_^

2 komentar:

Unknown mengatakan...

om rama, tanya dong.
saya rencana transit 1 hari di bali dan tinggal didaerah sanur.
kalau mancing santai di sanur sore hari apa bisa? didaerah mana ya?
bisa bantu info ke email saya? djemif@Yahoo.com.

thanks

Rama Pramana mengatakan...

untuk mancing sore biasanya cocok pada 10 sampai 13 hari setelah Purnama (fullmoon) atau bulan mati om..
pada waktu2 itu arus laut tidak terlalu kencang, jadi peluang dpat ikan bisa lebih banyak