Sabtu, 22 September 2018

Paradox Perjalanan Waktu dunia mancing

Memancing di laut adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, tentu saja banyak orang suka memancing. Dan itu menjadi peluang bisnis bagi para perusahaan alat-alat pancing di seluruh dunia untuk mengembangkan ide-ide dalam membuat produknya. Sejak jaman dahulu, dari jaman alat pancing masih sederhana sampai sekarang alat-alat pancing yang mulai canggih, dari menggunakan umpan yang ada di alam (umpan mati atau hidup) sampai umpan buatan (artificial lure).

Sekarang ini jenis umpan buatan sangat berkembang dan disesuaikan dengan target ikan yang ingin dipancing. contohnya metal Jig. Memancing dengan umpan metal jig, yang disebut juga jigging, sangat digandrungi oleh pemancing di Indonesia, karena banyaknya medan atau spot mancing dilautan Indonesia yang sangat cocok untuk teknik mancing jigging. Di Bali sendiri kita bisa mengaplikasikan teknik jigging dari kedalaman 2 mater (ultra light jig biasanya 4-10 gram) sampai kedalaman lebih dari 200 mater(heavy jigging biasanya menggunakan metal jig lebih dari 600 gram).

Akhir-akhir ini saya sendiri merasakan target ikan yang didapat setiap trip mancing terus berkurang bahkan pernah ada saatnya kita tidak mendapatkan apa-apa alias boncos. Banyak faktor penyebab menurunnya hasil yang kita dapat pada trip mancing, seperti rusaknya alam habitat, memancing yang berlebihan (over fishing), tidak ada kesadaran Catch and Release dari pemancingnya sendiri dan banyak lagi penyebab lainya.

Saya pernah membayangkan bagiamana kalau kita punya mesin waktu untuk bisa kembali ke masa lalu tahun 80an atau 90an, dimana hasil laut masih melimpah dan ikan masih mudah dipancing.
Dan seandainya saya bisa berjumpa dengan orang yang pertama kali menemukan Metal Jig dan teknik Jiggingnya (karena saya tidak tahu siapa nama orang yang menemukan teknik ini pertama kali, jadi saya tidak menyebutkan nama hehe..)
lalu kami berniat mancing bersama, lalu saya mengajak dia membuat metal jig (yang sudah saya pelajari sebelumnya), lalu mengaplikasikannya dilaut. Dan hasilnya booom...
Setelah puas memancing, esok harinya saya pulang kembali ke jaman sekarang.

Pertanyaannya siapa yang menemukan "ide" membuat umpan metal jig dan teknik memancing jigging ini?
masalahnya orang tersebut tidak akan pernah tau metal jig dan jigging kalau saya tidak memberi tahunya dan
saya tidak akan pernah tau tentang jigging kalau orang tersebut tidak pernah membuat metal jig dan menyebarkan teknik ini di masa lalu..
pusing ?? hahaha.. Paradox

Kenapa jadi ngawur nulis ya? mungkin efek boncos hahaha..
nggak usah pusing, yang penting nanti libur kita mancing lagi haha..


tahun 1989


tahun 2018

Tidak ada komentar: